5 Cara Mudah Mempercantik Teras Rumah

Kebanyakan orang hanya berfokus pada desain interior rumah. Karenanya, tak jarang desain eksterior jadi terlewatkan dan kurang jadi perhatian. Padahal, tampilan dari eksterior rumah merupakan kesan pertama yang akan jadi perhatian banyak orang. Yuk maksimalkan desain eksterior rumah Anda sekarang!

Salah satu desain yang sangat penting untuk diperhatikan yaitu teras atau beranda. Selain pintu rumah, teras juga merupakan bagian penting karena digunakan untuk menyambut tamu dan bercengkerama dengan tetangga. Karena itu, beranda bisa menjadi kesan pertama yang menentukan citra rumah Anda.

Pada dasarnya, mempercantik desain teras tak jauh berbeda dengan mendesain interior rumah Anda. Tapi memang ada beberapa elemen khusus pada eksterior sehingga penting mendapat perhatian.

Anda bisa melakukannya dengan mendesain sentuhan warna pada furnitur maupun aksesoris yang ada, kombinasikan dengan vas bunga yang bisa dipetik sendiri dari halaman belakang rumah.


Pahami elemen yang ada

Tidak sedikit orang yang masih kurang mementingkan desain eksterior, khususnya bagian beranda/teras. Padahal, tempat ini umumnya digunakan untuk tempat bersantai oleh pemilik rumah dan keluarga. Tempat ini juga cukup nyaman digunakan sebagai tempat membaca koran atau berbincang dengan tamu dan tetangga.

Sebelum melakukan desain pada teras rumah Anda, pahamilah elemen-elemen penting yang terdapat pada teras rumah Anda. Inilah elemen-elemen yang ada pada beranda rumah.

Dinding

Warna pada keseluruhan dinding pada beranda merupakan teaser bagi siapapun yang melihat. Warna maupun tekstur dinding yang cukup menarik, bisa menjadi daya tarik sendiri layaknya magnet bagi para pengunjung/tamu. Warna yang bisa menjadi pilihan yaitu warna-warna cerah seperti biru, kuning, dan merah. Anda juga bisa menggunakan palet warna pastel dan warna vibran. Kombinasi ini bisa memberi sentuhan yang menarik bagi pandangan mata yang melihat. Selain itu, beranda rumah Anda akan terkesan lebih lapang dan lega.

Penggunaan warna-warna di atas sangat tepat untuk Anda yang memiliki teras dengan ukuran kecil. Warna warna tersebut akan membuat rumah terlihat lebih cerah karena memantulkan cahaya matahari. Tapi yang jelas, Anda wajib menyelaraskan warna dinding beranda Anda dengan keseluruhan warna dari bangunan rumah. Jika ingin mendapatkan suasana alami tanpa harus mengandalkan warna cat, cobalah gunakan batu alam.

Lantai

Memilih lantai yang tepat untuk eksterior cukup penting. Sebab lantai untuk eksterior tentu berbeda dengan lantai yang diperuntukkan di dalam rumah. Jika lantai rumah Anda terbuat dari bahan keramik, pastikan memilih keramik eksterior untuk beranda Anda. Tapi apabila Anda tidak mau direpotkan oleh lantai yang sering kotor, gunakan saja lantai dari batu alam. Sedangkan untuk memberi kesan hangat, gunakan lntai dari bahan kayu.

Atap

Desain atap pada teras rumah tentunya mengikuti desain rumah itu sendiri. Ada beberapa jenis desain atap yang dapat menghindarkan masuknya tetesan air ke teras. Rumah model klasik biasanya atap dihiasi dengan detail dan berbentuk lengkung. Untuk rumah modern kebanyakan menggunakan bentuk sederhana tanpa detail. Penggunaan kanopi juga sering dipakai untuk mencegah masuknya air hujan ke beranda rumah, juga dpat berfungsi memfilter cahaya matahari.

Jika teras rumah Anda lumayan teduh karena banyak pohon di halaman, coba saja menggunakan atap transparan. Atap model ini bisa memberikan cahaya ekstra bagi untuk teras rumah Anda, sekaligus akan  menjadi pemandangan yang indah pada malam hari nanti.

Railing

Anda sudah akrab dengan istilah railing? Railing yaitu batang panjang yang disusun secara vertikal dengan batang berukuran yang lebih kecil. Railing ini sering ditemukan pada sisi-sisi dari lantai atas rumah yang umumnya digunakan untuk pembatas keamanan, dan sering dijumpai juga pada bagian balkon rumah. Fungsi dari railing yaitu sebagai pembatas antara beranda dengan halaman rumah, juga bisa mempercantik tampilan beranda dan eksterior keseluruhan bagian rumah Anda.

Tiang dan kolom

Tiang umumnya diperlukan untuk menahan beban dari atap rumah. Tapi tiang juga bisa sebagai bagian dari desain atau dekorasi untuk mempercantik bagian beranda. Material yang umum digunakan untuk tiang yaitu  kayu, logam, serta beton. Rumah bergaya etnik dan tropis biasanya menggunakan tiang dari bahan kayu. Sedangkan tiang dari beton bisa digunakan untuk model rumah apapun.

Itu dia beberapa hal yang penting diprhatikan untuk memprcantik rumah idaman Anda. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Jangan lupa bagikan ke social media!

Posting Terkait "5 Cara Mudah Mempercantik Teras Rumah"

4 Hal Ini Wajib Diperhatikan saat Beli Rumah
Dibutuhkan pertimbangan yang masak bagi Anda ketika
5 Tips Mudah agar Dapur Terlihat Mahal
Dapur mewah bukan hanya bisa kita lihat
8 Tips Ajaib Bikin Kamar Tidur Senyaman di Hotel
Banyak orang yang memperhatikan keindahan dan kerapihan
3 Tips Membuat Ruangan Tampak Seakan Lebih Besar
Memiliki rumah dengan ukuran yang agak sempit