4 Hal Ini Wajib Diperhatikan saat Beli Rumah

Dibutuhkan pertimbangan yang masak bagi Anda ketika memutuskan untuk membeli rumah. Jika sampai salah memilih, bisa-bisa Anda merasa tak puasa dan rumah pun tidak nyaman saat ditinggali. Dan sampai kemungkinan terburuk, Anda mungkin kehilangan banyak materi jika sampai membeli rumah yang tidak pas.
Secara umum, hal yang harus diperhatikan ketika memutuskan akan membeli rumah yaitu lokasi, lingkungan, kualitas rumah, dan aspek legalitasnya.

Hal yang harus diperhatikan saat membeli rumah

Lokasi rumah
Pastikan Anda membeli rumah di lokasi yang strategis dan mudah diakses. Selain itu, hal lain yang penting diperhatikan untuk lokasi rumah Anda yaitu dekat dari tempat Anda bekerja, dekat dengan tempat sekolah untuk anak-anak Anda, serta mudah untuk mengakses lokasi kesehatan seperti rumah sakit dan lainnya.
Lingkungan
Lingkungan rumah yang baik memiliki beberapa syarat wajib yang harus dipenuhi, antara lain:
  • Ada pohon peneduh di setiap ruas jalan yang dilewati
  • Dilengkapi dengan bak sampah untuk setiap rumah, dan harus ada tempat penampungan sampah sementara di masing-masing blok
  • Memiliki sistem drainasse yang terpadu, ada saluran primer, sekunder, dan tersier, hal ini wajib ada di perumahan terbaik Jika saluran air/selokan dibuat asal-asalan maka bisa menjadi genangan air atau limbah rumah tangga yang akhirnya jadi sarang nyamak. Jika musim penghujan tiba, air akan melimpah ke jalan dan membuat jalan jadi mudah rusak
  • Perumahan yang baik juga memiliki sistem keamanan yang baik. Perumahan dengan sistem cluster, lebih mudah pengelolaan keamanannya ketimbang sistem linier.
 Bangunan berkualitas
Kualitas bangunan dari sebuah rumah sangat tergantung dari  spesifikasi bangunan dan cara penggarapannya. Ketika akan membeli rumah, jangan mudah tergiur dengan janji manis agen pemasaran. Pastikan kualitas bangunan pada rumah Anda baik dengan mengeceknya langsung. Jangan pula mudah percaya dengan browsur penawaran yang ditawarkan oleh pengembang. Bisa saja, pengembang mengubah spesifikasi dan tidak sesuai seperti yang di brosur secara sepihak. Agar tidak kecewa di kemudian hari, disarankan Anda hanya membeli rumah yang sudah siap huni.
Perizinan
Dibutuhkan kehati-hatian saat akan membeli rumah, jangan mudah percaya begitu saja pada pengembang. Saat ini begitu banyak pengembang yang bermasalah, pemikiran ini perlu dicamkan agar Anda tidak mengalami kesulitan di kemudian hari.
Berikut ini adalah beberapa izin-izin yang perlu Anda ketahui:
  • SK Izin Lokasi, yaitu untuk mengetahui luas area bangunan yang diberikan pemerintah ke  pengembang, jadi pastikan  lokasi yang dipasarkan ini benar-benar tidak dikuasai oleh pihak lain.
  • Rencana tapak yang sudah disyahkan (Pemda) Pemerintah Daerah setempat. Apabila rencana tapaknya masih belum dapat persetujuan Pemda, kemungkinan besar rencana tapak tersebut akan berubah.
  • Sertifikat. Pengembang yang baik harus bisa menunjukkan copy sertifikat induk kepada calon pembeli.
  • IMB (Izin Mendirikan Bangunan) . Apabila pengembang tak mampu mmperlihatkan IMB yang diperoleh atau pernyataan  IMB sedang dalam proses dari Dinas Pengawasan Pembangunan Kota (wilayah DKI Jakarta), sebaiknya tunda niat membeli rumah dulu.

Posting Terkait "4 Hal Ini Wajib Diperhatikan saat Beli Rumah"

5 Tips Mudah agar Dapur Terlihat Mahal
Dapur mewah bukan hanya bisa kita lihat
8 Tips Ajaib Bikin Kamar Tidur Senyaman di Hotel
Banyak orang yang memperhatikan keindahan dan kerapihan
5 Cara Mudah Mempercantik Teras Rumah
Kebanyakan orang hanya berfokus pada desain interior
3 Tips Membuat Ruangan Tampak Seakan Lebih Besar
Memiliki rumah dengan ukuran yang agak sempit